Pages

Rabu, 12 Desember 2012

Kekuatan Imaginasi


Disela-sela santai dengan tulisan yang lumayan menumpuk saya menyempatkan diri untuk melihat-lihat facebook dari akun yang saya miliki. Mondar-mandir mencari hiburan, mata saya terhenti pada status-status anak remaja yang lumayan banyak kehilangan jati diri. Termasuk saya mungkin.hhhee.. Tapi,, saya tidak tergolongan stadium empat tingkat dewa, seperti yang anda ketahui saya kan anak muda masa harus galau, Haha. Lalu saya berfikir wajar mereka kehilangan jati diri, jaman dan teknologi adalah faktor utama terlenanya anak muda jaman sekarang. Mungkin saja dua atau lima tahun akan datang kita tidak siap menghadapi masa depan yang semakin modren. Salah menggunakan teknologi akibat perkembangan jaman ini mampu mngaduk-aduk generasi yang menghancurkan bangsa. Di Eropa dan Amerika sejak usia dini mereka mengembangkan sistim belajar dengan memanfaatkan daya imaginasi. Mengapa?? Sebab imaginasi adalah cara terbaik untuk menyeimbangkan kedua otak manusia. Imaginasi mampu memberikan respon terhadap fisik dan cara berfikir manusia. Selain itu juga mampu menjalin komunikasi yang baik dalam berinteraksi untuk mengemukakan imaginasi masing-masing.

Mengapa imaginasi?? Kenapa tidak lebih mengembangkan diri dengan pelajaran extrakulikuler yg bertujuan menambah ilmu manusia ??. Setiap manusia terlahir berbeda, memiliki kelebihan di balik kekurangan masing-masing dalam belajar. Namun tidak untuk kata berimaginasi, di negara kita, indonesia berimajinasi adalah salah satu hal yang masih gratis setelah buang angin dan tertawa. Karena hal kecil lainya telah diberlakukan berbayar termasuk buang air. Maka ada kalanya memberdayakan manusia dengan berimaginasi di mana saja, dan kpan saja. Dalam dunia pendidikan juga harusnya sistim pembelajaran ini harus dikembangkan lewat pelajaran seni atau pengetahuan alam.
Di negara maju lainya mereka mengunakan daya imaginasi lewat ilmu sains dengan metode-metode pemahaman anak, terhadap sesuatu pokok pelajaran dalam bidang sains. Seperti terjadinya letusan gunung merapi, tsunami, atau yang lainya. Bagaimana terjadinya gaya ataupun daya dlm bidang ilmu pengetahuan alam (fisika). Mereka tidak hanya dituntut paham dengan pelajaran namun juga mengerti dengan keadaan proses terjadinya sebab-akibat sehingga mereka benar menangkap semua pelajaran yang diberikan. Karena sejatinya imaginasi adalah kekuatan atau proses menghasilkan citra mental dan ide.

Pada jaman dahulu sejarah sudah mencatat, banyak tokoh tokoh dunia menjadi terkenal akibat imajinasi yang luar biasa dan imajinasi ini mempunyai kekuatan yang dahsyat.
Kita mengenal tokoh Albert Einstein, ia pernah mengatakan,”energi mengikuti imajinasi”, tentu saja Einstein serius dengan ucapannya ini, dengan membuktikan adanya hukum kekekalan energi, dia sendiri telah mengakuinya ketika ditanya, bagaimana ia mampu menghasilkan begitu banyak teori yang spektakuler ?, dia menjawab imajinasilah yg menjadi salah satu bahan bakar dari idenya itu.
Lantas bagaimana Imajinasi yang dihasilkan oleh pikiran kita bekerja ?
Pada prinsipnya perlu kita sadari, bahwa pikiran kita adalah sebuah kekuatan yang sangat besar, mempunyai daya magnet yg luar biasa. Pikiran kita mampu menjadi AUTOPILOT atas apa yang kita ingin wujudkan, yang kita cita citakan, bahkan yang sekedar kita imajinasikan.
Pikiran mampu mengendalikan secara automatis apa yang kita inginkan dan apa yang tidak kita inginkan, maka hati-hati dengan kekuatan pikiran kita dan pandai pandailah mengelolanya karena pikiran yang dijabarkan melalui imajinasi mempunyai kemampuan AUTOPILOT, dan hal tersebut yang mampu mempengaruhi semua kejadian dalam hidup kita, dan terkadang hal ini jarang disadari oleh masing-masing individu, dan baru mengetahui/menyadari setelah kejadian itu terjadi.
Setiap orang boleh mempunyai impian akan masa depannya, mimpi itu bisa berupa keinginan menjadi penulis yang hebat, ingin jadi dokter, pemain sepak bola dan lain lain.
Dalam mewujudkan impian inilah kekuatan imajinasi sangat besar pengaruhnya seperti yang saya gambarkan pada Albert Einstein, dan ia bisa mengelolanya menjadi efek positif.
Sekali kita merencanakan, membangun imajinasi dalam pikiran kita, maka fisik kitapun mulai mencari jalan bagaimana merealisasikan apa yang sudah kita pikirkan. Saya ingatkan sekali lagi HATI-HATI akan kemampuan AUTOPILOT yang sudah saya bahas di atas.
Tapi kebanyakan dari diri kita saat ini kadang kurang cermat mengelola kekuatan pikiran kita yg digambarkan dalam imajinasi yg kita bangun, sering kali kita mendapatkan efek negatif dari dampak kekuatan imajinasi ini, karena kita kurang cermat dalam mengelolanya, bahkan ada yang tidak sadar dalam mengelola kekuatan imajinasi ini.

Begitu pula manusia lain di negara berkembang, mengapa negara mereka jauh lebih berkembang dari negara kita. Eropa punya makanan khasnya yaitu susu yang difermentasi yang sering kita kenal keju, yang memiliki gizi cukup baik. Indonesia juga punya ubi kayu yang tidak kalah nilai mineralnya yang diproses pembuahanya dari dalam tanah, yang kita tahu tanah adalah media yang memiliki kandungan mineral yang baik. Namun kenapa kita tertinggal?? Jelas terlihat kelemahanya, negara kita jauh tertinggal disebabkan SDM negra kita lemah. Pengaruh manusia terhadap manusia lain kurang memberikan pengaruh positif, malah berbanding terbalik. Kehidupan memang kejam, namun bukan berarti sang pencipta tanpa prakiraan menciptakan manusia. Dia menyisipkan kelebihan atau bakat dalam diri seseorang agar orang tersebut siap menjalani kehidupan. Boleh saja negara kita tertinggal dari negara lain tapi masa depan masih panjang masih banyak waktu untuk brimaginasi membangun diri kita masing-masing mumpung masih gratis. Jika masyarakatnya bisa mandiri bukan tidak mungkin negara kita di anggap negara maju.

Jika anda ingat orang yang ditertawakan orang lain saat berimaginasi tentang manusia yang bisa terbang (Wright bersaudara). Mungkin memang pada jaman saat itu yang mereka imaginasikan terdengar konyol namun kenyataanya tidak ada yang mampu membendung imaginasi anda yang benar-benar luar biasa. Dan nyatanya merekalah yang berhasil membuat manusia mampu terbang lewat pesawat terbang. Mungkin saja ditahun 2015nanti ada seorang warga indonesia yang mampu mengembangkan ilmu telepati untuk berkomunikasi pada setiap orang tanpa telfon seluler dan kartu provider. Mengapa tidak?? Semua manusia kotor, namun tidak ada yang menghalangi manusia lain untuk menjadi apapun. Lalu tunggu apa lagi silahkan gunakan imaginasi anda.

3 komentar :

  1. Menulis = menuangkan imajinasi

    Kunjungan perdana. Salam Bloof dari Medan :)
    banner Bloofnya nggak dibuat bang? :D

    BalasHapus
  2. itulah dia yang mungkin bisa kamu ajarkan sama saya..
    hahahaha

    BalasHapus
  3. tempat nonton film movies online gratis https://goo.gl/DkReN8

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

 

Blogger news

Sedikit banyak bercerita bukan berarti membuka diri dan lebih banyak diam bukan juga berarti ank muda yang sedang mencari perhatian. namun lebih memahami arti dari hidup, mengerti apa mau diri ini, dan bercerita dalam batin tentang apa sebenarnya perjalanan hidup..

Blogroll

About

http://youtu.be/PaYHnvaSu4I